Pasca 11 Pejuang OSN MAN IC Padang Pariaman Go National, Kamad: 11 Siswa KSM fight to Province!

Padang Pariaman (Humas ICPP) – Salah satu ajang terpopuler Kementerian Agama Republik Indonesia yakni Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang telah dihelat pada Jumat-Sabtu, 9-11 Juli 2023 di tingkat kabupaten masing-masing. Pada event tersebut, dilombakan sedikitnya 6 cabang lomba, yakni matematika, fisika, biologi, kimia, geografi, dan ekonomi. Setiap bidang lomba diikuti oleh dua peserta. Tak lama berselang, agenda tahunan ini mengeluarkan pengumuman resmi perihal pemuncak terbaik pejuang KSM pada Kamis malam (13/07/23).

Berita pengumuman para pemuncak lima besar tersebut memuat para pejuang Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Padang Pariaman (PP) dengan ucapan selamat. Pasalnya, sebanyak 11 siswa berhasil menyabet predikat terbaik sebagai juara 1 dan 2 pada setiap bidangnya, terkecuali bidang lomba fisika yang hanya 1 peserta (juara 1).

Hal ini membuat segenap civitas akademika MAN Insan Cendekia Padang Pariaman bersuka cita. Uniknya, 11 dari 12 siswa yang diikutsertakan nantinya akan melanjutkan perjuangannya pada KSM di tingkat provinsi pada 5-8 Agustus 2023 mendatang.

Kepala MAN IC Padang Pariaman, Hendrisakti Hoktovianus memberikan apresiasi atas keberhasilan tersebut.

“Alhamdulillah. Selamat kepada seluruh siswa dan tim pembimbing KSM MAN IC Padang Pariaman. Semoga menjadi amal ibadah dan berjaya di tingkat provinsi dan nasional,” harapnya.

Ditemui secara terpisah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Nur Azizi turut mengungkapkan kegembiraannya atas pencapaian kerja sama tim guru sains dan rumpun pendidikan Agama Islam (PAI).

“Alhamdulillah, 11 orang peserta Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi (KSM-P) dari MAN IC Padang Pariaman berhasil melanjutkan perjuangannya di tingkat provinsi,” jelasnya.

Dengan jumlah sebelas orang yang melanjutkan perjuangan ke tingkat provinsi Sumatera Barat tersebut, secara peringkat, MAN IC Padang Pariaman tetap berada pada top 1 di tingkat kabupaten. Siswa yang terpilih dalam 11 peserta terbaik tersebut berhasil mendominasi pencapaian KSM tingkat kabupaten di tahun 2023 ini.

Sebagaimana pola pembelajaran pada Kompetisi Sains Nasional (KSN), mereka mendapatkan bimbingan dan pembinaan secara intensif dari para guru pembimbing dan tim pelatih. Sebelas orang pejuang KSM Provinsi Sumatera Barat MAN ICPP yang berhasil menuju tingkat nasional itu yakni Nailah dan M. Fakhri Akbar (matematika), Muhammad Athaya Mumtaza. H dan Badril Aziz (kimia), Muhammad Pangestu Abdila dan Ayu Aulia Lestari (biologi), Nadya Faulina (fisika), Jimmy Akrim dan Muhammad Faiz Ihsan Zain (ekonomi), serta Muhammad Rausyan Fikri dan Mutiara Ratu Bulqis (geografi).

Wakil kepala bidang kesiswaan, Nur Azizi turut memberikan ucapan selamat kepada siswa yang berhasil lanjut, dan memberikan motivasi kepada siswa yang belum berhasil.

“Alhamdulillah, selamat untuk ananda dan tim pendamping dan semua civitas MAN IC Padang Pariaman yang telah memberikan kontribusi terhadap pembinaan selama ini. Semoga lebih baik dan menjadi yang terbaik di nasional,” ungkap guru matematika ini.

“Bagi ananda Kami yang belum masuk kontingen, silahkan persiapkan diri untuk event selanjutnya. Terima kasih atas kebersamaan dan perjuangan Ananda. Ananda adalah anak-anak yang cerdas, tutup Nur Azizi.*

Reporter: Dodi Saputra

Artikel Pasca 11 Pejuang OSN MAN IC Padang Pariaman Go National, Kamad: 11 Siswa KSM fight to Province! pertama kali tampil pada MAN Insan Cendekia Padang Pariaman.

Sumber: MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Related Articles

Back to top button