Crisis & Humanity

Freedom Flotilla Bersiap untuk Mengirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

The International Freedom Flotilla Coalition (Koalisi Armada Kebebasan Internasional), yang terbentuk dari organisasi non-pemerintah dari selusin negara, sedang melanjutkan persiapan mereka di kapal Mediterranean. Kapal ini dijadwalkan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ke Gaza. Pernyataan pers diadakan di kapal yang berada di galangan kapal pribadi di Tuzla, Istanbul, menyatakan bahwa sekitar 1.000 orang diharapkan akan berpartisipasi dalam upaya bantuan besar ini.

Dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh aktivis dari berbagai negara termasuk Jerman, Malaysia, Palestina, Norwegia, Argentina, Spanyol, Kanada, dan Afrika Selatan, Ann Wright, seorang mantan diplomat dan tentara pensiunan AS, mengatakan bahwa mereka pertama kali memulai upaya untuk Gaza pada tahun 2010 dengan kapal Mavi Marmara dan tujuh kapal lainnya, dengan partisipasi dari puluhan negara. Dia menekankan pentingnya misi kemanusiaan ini dan mengatakan bahwa armada ini sedang bersiap untuk berlayar lagi dengan dukungan dari puluhan negara dan ratusan orang, membawa ribuan ton bantuan kemanusiaan.

Fauziah Mohd Hasan, seorang dokter yang bekerja dengan Malaysian Freedom Flotilla Movement, menyatakan bahwa media seperti CNN dan BBC sering melaporkan bahwa masalah di kawasan tersebut disebabkan oleh Iran atau negara lain, namun situasinya sangat berbeda. Ia menambahkan bahwa kebijakan Israel di wilayah tersebut didasarkan pada pembunuhan wanita, anak-anak, dan warga sipil lainnya. Hasan juga menyebutkan bahwa salah satu seruan terpenting dalam misi ini adalah untuk memastikan gencatan senjata di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Hasan menekankan bahwa persiapan untuk perjalanan ini melibatkan lebih dari 280 tokoh penting dari seluruh dunia, termasuk dokter, pengacara, insinyur, dan akademisi. Sebagai seorang ginekolog, ia sangat menyadari tragedi yang terjadi di Gaza, dimana terdapat lebih dari 180 kelahiran setiap hari dan ribuan wanita hamil yang menunggu. Krisis di wilayah tersebut telah berdampak serius pada ribuan wanita hamil, dan ia melihat situasi tersebut sebagai pembersihan etnis yang lengkap di kawasan tersebut.

Torstein Dahle dari Gerakan Armada Kebebasan Norwegia menekankan bahwa bantuan kemanusiaan, terutama untuk Gaza, sangat penting mengingat genosida dan pembantaian yang telah berlangsung di wilayah tersebut selama lebih dari enam bulan. Ia mengucapkan terima kasih kepada Türkiye atas kerja mereka dalam bantuan kemanusiaan dan mengatakan bahwa semua negara internasional, termasuk Türkiye, harus mentransfer bantuan ini ke wilayah tersebut secara aman sesuai dengan keputusan pengadilan kriminal internasional dan memastikan gencatan senjata permanen di wilayah tersebut.

Huwaida Araf dari US Freedom Flotilla juga menyatakan bahwa mereka sedang mempersiapkan perjalanan ini dengan dukungan jutaan orang. Setelah pidato, mantan diplomat Wright berbicara tentang apakah ketegangan antara Iran dan Israel dapat mempengaruhi flotilla. Wright menambahkan bahwa persiapan sedang berlangsung dan masyarakat akan segera diberitahu kapan kapal akan berangkat.

Banyak jurnalis dari pers nasional dan internasional menghadiri pertemuan di flotilla tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button