RegionalSTEM

Kereta Cepat Tembus 1 Juta Penumpang

Kereta Cepat Jakarta Bandung mencatat sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023 telah menembus angka 1.028.216 penumpang.

Direktur Utama PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) menyebut pencapaian ini menunjukkan tingginya respon masyarakat akan transportasi umum yang modern dengan efisiensi waktu tempuh dan kenyamanan.

“Mencapai 1 juta penumpang hanya dalam waktu dua bulan merupakan bukti tingginya kebutuhan akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia,” kata Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama PT KCIC, dalam keterangannya.

Kehadiran kereta cepat Whoosh mendapatkan respons yang sangat baik dari masyarakat dengan jumlah penumpang hampir 90 persen tempat duduk setiap perjalanannya.

Berdasarkan hasil survei yang diterima, 48 persen penumpang kereta cepat Whoosh adalah merupakan pengguna mobil pribadi. Artinya kehadiran Whoosh membantu mengalihkan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi umum yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Semenjak dioperasikan hingga menjelang pergantian tahun, operasional kereta cepat Whoosh berjalan lancar dan bahkan nol kecelakaan.

Saat ini KCIC dalam rangka libur Nataru menambah jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari.

Jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari pada perjalanan kereta Whoosh telah mencapai hingga 21.500 penumpang per hari termasuk pada momen libur akhir tahun yang sedang berlangsung saat ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button