Berita

Lingkungan Pendidikan Berperan Perkuat Karakter Bangsa

07 September 2018



Lingkungan pendidikan dan rumah memiliki peran yang sangat kuat dalam membentuk karakter bangsa. Sementara, tumpuan ketahanan nasional bersumber dari ketahanan pribadi dan keluarga.

Hal tersebut disampaikan Brigjen Adi Sudaryanto dari Kementerian Pertahanan DKI Jakarta, saat berbicara pada kuliah umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru UNSADA 2018 di Jakarta belum lama ini. “Pembentukan karakter itu adalah proses tanpa henti,” ujarnya dalam siaran persnya, Jumat (7/9).

Adi juga menegaskan karakter bangsa yang baik akan mampu mewujudkan ketahanan nasional yang baik. Sayangnya, kata dia, dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia sudah mengalami kehilangan karakter bangsa yang baik tersebut. Ada kecenderungan masyarakat menjadi sosok yang pemarah, kasar, egois, kurang toleran, dan kurang rasa kepedulian serta kebersamaan.

“Sederhananya senang orang susah dan susah lihat orang senang,” katanya.

Untuk itu, Adi sangat berharap lembaga pendidikan dan rumah hendaknya bisa berperan secara aktif dalam menyiapkan pembentukan karakter yang kuat terhadap individu anak bangsa.

“Peran orang tua dan pendidik sangat dominan dalam menanamkan dasar pembentukan karakter anak,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unsada Dr Dadang Solihin, menyatakan lembaga pendidikan memiliki peran yang kuat untuk menumbuhkan karakter bangsa yang kuat kepada generasi muda. Itulah sebabnya dalam kegiatan ini pihaknya memberikan stimulus kepada para mahasiswa baru untuk lebih menyadari karakter individu mereka berperan penting bagi terwujudnya karakter bangsa.

“Kegiatan ini menjadi bagian kecil untuk bisa mendorong generasi muda yang berkarakter dan siap menjadi pemimpin masa depan,” ujarnya.

Sumber: https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/09/07/peoksz313-lingkungan-pendidikan-berperan-perkuat-karakter-bangsa