Kolom

Ramadhan (21): Berkah Malam-malam Terakhir

Bismillahirrahmanirrahim,

Malam-malam terakhir Ramadhan merupakan kesempatan emas yang tak ternilai harganya. 10 malam-malam terakhir pada bulan Ramadhan dimana Allah memberikan satu malam yang bernilai seribu bulan. Di saat-saat inilah berkah dan rahmat Allah melimpah ruah, menanti untuk dihantarkan kepada hamba-hamba-Nya yang dengan tulus beribadah. Sebagai umat yang beriman, kita harus memanfaatkan setiap kesempatan ini dengan penuh kegigihan, agar dapat merasakan nikmat berkah yang tak terhingga.

Mencari berkah di malam-malam terakhir Ramadhan adalah suatu keinginan dan keharusan, sebab di dalamnya terdapat malam yang penuh keagungan, Lailatul Qadar. Malam yang melebihi nilai dari seribu bulan ini, merupakan pintu menuju ampunan dosa dan ketentraman jiwa. Sebagai umat muslim, kita haruslah mencurahkan seluruh tenaga dan waktu untuk menghidupkan malam ini, bermunajat dengan ibadah yang ikhlas.

Salah satu cara mencari berkah di malam-malam terakhir Ramadhan adalah dengan memperbanyak amalan sunnah, seperti shalat tarawih, shalat tahajud, dan shalat witir. Selain itu, membaca Al-Qur’an dan berzikir menjadi sangat dianjurkan.

Memperbanyak doa dan istighfar menjadi sarana ampuh dalam mencari berkah di malam-malam terakhir Ramadhan. Dengan memohon ampunan dan mengharap rahmat Allah, kita akan merasakan kedamaian dan kebahagiaan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Aisyah RA beliau bertanya kepada Nabi SAW: “Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu? Nabi menjawab, ucapkanlah:

  اللْهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُعَنِّي

Allahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu ‘Annii…
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku” (HR. Ahmad 25384)

Salah satu yang juga dapat dilakukan adalah i’tikaf, mengasingkan diri sejenak di Masjid, atau mencari kekhusyu’an dengan beribadah di Masjid. Dengan menghabiskan waktu di masjid, kita akan lebih fokus dalam menjalankan ibadah dan merenungkan makna kehidupan. Kehidupan dunia yang fana akan terasa lebih jelas dan membuat kita lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah.

Kita perlu sabar dan ikhlas dalam mencari berkah di malam-malam terakhir ramadhan, jika 2/3 ramadhan sudah kita lalui, maka ujian semengat itu adalah di 1/3 terakhir. Kita harus sabar dalam menjalani ibadah yang mungkin berat dan melelahkan, serta ikhlas dalam melaksanakannya. Hanya dengan tekad dan keikhlasan, kita akan merasakan manfaat dan keberkahan dari upaya kita menghidupkan malam-malam Ramadhan.

Mengajak dan menyamakan persepsi tentang ramadhan dan malam-malam Ramadhan dapat mempererat hubungan dengan keluarga, sehingga dapat bersama-sama mencari berkah di bulan Ramadhan dan malam-malam terakhir Ramadhan. Kita bisa menyempatkan waktu untuk bersama keluarga, saling mendoakan, dan saling mengingatkan akan pentingnya menjalani ibadah dengan sebaik-baiknya. Dalam kebersamaan tersebut, kita akan semakin merasakan merasakan kelegaan, keikhlasan, dan semoga menjadi nikmat berkah yang tak ternilai harganya.

Dengan semangat mencari berkah di malam-malam terakhir Ramadhan, semoga kita menjadi umat yang selalu mendapat petunjuk dan rahmat dari Allah. Dan selalu bersyukur dengan tantangan dan ujian yang kita hadapi sehingga akan membuat kita lebih merasakan larut dalam ibadah saling terhubung dengan aktifitas kita sehari-hari. Harapannya dari ramadhan ini kita memperoleh ampunan dari Allah SWT dan keberkahan dalam hidup, sehingga Allah senantiasa memberi ridhanya, membuka pintu rezeki dari arah yang tak terduga, dan mempermudah urusan kita di dunia dan akhirat.

Wallahu’alam

Artikel asli: https://darulfunun.id/learn/ibrah/20230412-ramadhan-21-berkah-malam-malam-terakhir

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button