Pendidikan Menengah

Peserta Didik MAN Insan Cendekia Gorontalo Ikuti Workshop Penulisan Karya Ilmiah

Sumber: MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- MAN Insan Cendekia Gorontalo sebagai madrasah unggulan akademik memiliki komitmen untuk meningkatkan pembelajaran akademik sekaligus praktik lapangan yang berbasis scientific research. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah bagi peserta didik kelas X dan XI. Kegiatan Workshop dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (3-4 November 2023) dengan  mengambil tema “Rural Realities Uncovered: An Explore Village Research.” 

Kepala MAN ICG, Dr. Jasmaniar, S.E, M.Ec Dev., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar peserta didik mampu mengeksplorasi potensi-potensi dan masalah sosial yang dapat diangkat dari desa di lokasi penelitian.

”Kami berharap kegiatan ini akan mendorong peserta didik menjadi produktif menghasilkan laporan karya ilmiah sekaligus untuk mempersiapkan menghadapi pelombaan karya ilmiah di tingkat nasional,” tutur Jasmaniar.

Ketua panitia kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah, Atik Khimiyati, S.S.,S.Pd., M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan menulis karya ilmiah dengan topik pilihan.

”Peserta didik kelas X dan XI yang mengikuti kegiatan workshop akan diberikan pilihan topik seperti Pengembangan kebun hidiroponik di Desa Boludawa, Keberadaan gereja di tengah mayoritas komunitas muslim (moderasi beragama), Peran Koperasi Klasic Berkah Makmur dalam Peningkatan Perekonomian Warga (usaha laundri, kuliner), dan Keberadaan kampus UNG dan pengaruhnya pada bidang ekonomi, sosial di desa sekitar,” kata Atik.

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber seperti Basri Amin, S.Sos., MA.,PhD : Dosen UNG sebagai pembimbing KIR bidang IPS, Prof. Dr. Akram La Kilo, M.Si : Dosen Kimia UNG sebagai pembimbing KIR bidang IPA, Dr. Mustaqimah, MA : Praktisi Pendidikan sebagai pembimbing KIR bidang Agama.

Kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah dilaksanakan di gedung SBSN, dan ruang Auditorium. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan diluar MAN ICG  ada empat lokasi yaitu desa Bube Baru, Helumo, Moutong, dan Boludawa.(AGUNKA)

(AGUNKA)

The post Peserta Didik MAN Insan Cendekia Gorontalo Ikuti Workshop Penulisan Karya Ilmiah appeared first on MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO.

Related Articles

Back to top button