Dunia PendidikanGood Governance

Ketua PDM Limapuluh Kota, Dr Afifi Fauzi Abbas Tutup Usia

SinergiNews  Kab. Limapuluh Kota, 30/09/2021. Innalillahi wa inna ilaihirraji’un. Kabar duka tengah menyelimuti Keluarga Besar Muhammadiyah Provinsi Sumatera Barat. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Limapuluh Kota sekaligus juga Pimpinan Yayasan Wakaf Darul Funun El-Abbasiyah, Dr. H. Afifi Fauzi Abbas, M.Ag. telah tutup usia pada Kamis (30/09/2021) pukul 04:30 WIB pagi.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Sumatera Barat, Dr. Sofwan Karim El-Husain mengatakan rasa kehilangan tokoh Muhammadiyah dan belasungkawa atas meninggalnya almarhum.

“Kami atas nama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Keluarga Besar Muhammadiyah se-Sumatera Barat mengucapkan duka yang mendalam. Kami mendo’akan semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya,” kata Sofwan Karim el-Husain saat dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Sofwan Karim mengungkapkan, Buya Dr. H. Afifi Fauzi Abbas, M.Ag. yang lahir 6 September 1956 adalah seorang ahli Fiqih, Syariah, Siyasah, Perbandingan Mazhab, Ekonomi Islam, dan Ilmu Falak di Indonesia. Beliau juga adalah Pimpinan Yayasan Wakaf Darulfunun El-Abbasiyah, Ketua Senat IAIN Bukittinggi, Ketua Muhammadiyah Lima Puluh Kota.“Beliau murni tokoh Muhammadiyah dengan menelusuri latarbelakang pendidikan dan kiprah organisasi, tak diragukan lagi sepenuhnya mengabdikan hidup untuk perkembangan dan kemajuan dakwah Muhammadiyah di Sumatera Barat,” ucap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat tersebut.

Almarhum mengajar di IAIN Bukittinggi dan pernah mengajar selama 30 tahun di UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka (UHAMKA) Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Sekolah Tinggi dan Manajemen PPM.

REKAM JEJAK

Semasa hidup, almarhum pernah dipercaya sebagai Ketua Jurusan Jinayah Siyasah, Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Wakil Dekan Administrasi Fakultas Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Direktur Percetakan Dikdasmen Muhammadiyah.

Selain itu, beliau juga menjabat Pimpinan Yayasan Wakaf Darulfunun, Direktur Darulfunun Institute dan pengajar Ushuluddin di kelas Surau Darulfunun dan Kuliyyatul Muallimin. Beliau akhir-akhir ini terlibat sebagai Ketua PDM Muhammadiyah Limapuluh Kota, anggota Majlis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyah dan Ketua Senat IAIN Bukittinggi.

Almarhum juga pernah terlibat sebagai anggota Divisi Fatwa Majlis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, anggota Bendahara Majlis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Direktur Penerbit dan Percetakan Dikdasmen PP Muhammadiyah, anggota MUI, anggota LPOM MUI, peserta sidang Itsbat MUI dan anggota ICMI.

Selain organisasi dakwah, almarhum juga aktif dalam organisasi pergerakan dan sosial masyarakat, dengan menjadi Pembina Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ciputat, Tokoh Masyarakat ASA (Perantau Sumatera) di Ciputat, Tokoh Masyarakat di Desa Pisangan, Ciputat, dan Wakil Ketua Yayasan Bhakti VII Koto Talago.***

Sumber: https://sinerginews.id/ketua-pdm-limapuluh-kota-dr-afifi-fauzi-abbas-tutup-usia/

Related Articles

Back to top button