Foods & SustainabilitySociety 5.0

Pemerintah Akan Buka 5.500 Lowongan Kerja di Empat Rumah Sakit Nasional Baru

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan kebutuhan sekitar 5.500 tenaga kesehatan untuk mengisi lowongan di empat rumah sakit besar milik pemerintah yang akan dibangun. “Kami akan membangun empat rumah sakit besar di Surabaya, Makassar, Jayapura, dan Ibu Kota Nusantara,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, pada hari Rabu.

Menurut Budi, kebutuhan tenaga kerja meliputi dokter umum, dokter spesialis, perawat, apoteker, tenaga penunjang medis, serta staf manajerial. Proses rekrutmen tenaga kerja ini dijadwalkan akan dimulai pada April 2024, sebagai bagian dari upaya pemerataan pelayanan kesehatan yang selama ini masih terkonsentrasi di Pulau Jawa.

“Saya berharap bahwa layanan kesehatan yang canggih bisa lebih merata, tidak hanya di Jawa tetapi juga tersebar di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Empat rumah sakit yang akan dibangun tahun ini adalah RS UPT Vertikal Surabaya di Jawa Timur, RS UPT Vertikal Makassar di Sulawesi Selatan, RS Vertikal Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, dan RS Vertikal Jayapura di Papua. Rumah sakit-rumah sakit baru ini direncanakan menjadi pusat layanan kesehatan terlengkap, khususnya dalam menangani kasus-kasus penyakit kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi atau ginjal (KJSU).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button