Pendidikan Menengah

BADAN LITBANG dan DIKLAT Kemenag RI Lakukan Survey Pengambilan Data Kegiatan Assessmen Karakter dan Integritas di MAN ICG 2023

Sumber: MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO

Staf Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Edi Zunaedi, MA, saat melaksanakan survey kegiatan pengambilan data Asessmen Karakter di MAN ICG.

TILONGKABILA-(icg.sch.id)- Sebanyak 30 (tiga puluh) peserta didik MAN IC Gorontalo diambil sample oleh petugas dari Badan Litbang dan Diklat (Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan) Kemenag RI, Rabu (15/03). Ke tiga puluh Pesdik yang diuji sample terdiri dari masing-masing kelas sebanyak 10 (l/sepuluh) siswa. Petugas Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI bernama Edi Zunaedi, MA, ditemani staf Pendma (Pendidikan Madrasah) Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Felna Mustapa, S.E, MAB saat berkunjung ke MAN ICG. Keduanya disambut langsung oleh Kepala MAN ICG, Dr. Hj Jasmaniar, SE. M. Ec. Dev., di ruang kerja Kepala MAN Insan Cendekia Gorontalo.

Kepala MAN ICG, Jasmaniar, menjelaskan bahwa saat ini kita kedatangan petugas dari Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI. Tujuannya adalah untuk mengambil data tentang Assessment Karakter siswa. “Saat ini beberapa siswa sedang dijadikan sampel oleh petugas dari Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI. Tujuannya adalah untuk memetakan tingkat kualitas karakter siswa madrasah di Indonesia,” terang Jasmaniar.

Mengenai jumlah madrasah yang mengikuti uji coba dalam pengambilan sample data ini Jasmaniar mengatakan ada 15 madrasah di Gorontalo yang sedang dijadikan sampling data termasuk MAN ICG. “Bukan hanya siswa dari MAN ICG saja yang akan diambil sample untuk persiapan pelaksanaan Assesmment Kharakter Siswa ini tapi ada 14 (empat belas) madrasah lain di Gorontalo,” tambah Jasmaniar.

Felna Mustapa, S.E, MAB yang mendampingi petugas pengambilan data sample sempat berbincang-bincang dengan staf karyawan MAN ICG. Diketahui bahwa Felna sebelumnya adalah Kepala Tata Usaha di MAN IC Gorontalo selama kurang lebih 11 (sebelas) tahun. Sehingga terlihat keakraban penuh sapa dan salam saat berjumpa dengan guru maupun karyawan MAN ICG. Pada kesempatan itu Felna mengatakan bahwa petugas akan berkunjung di 15 madrasah untuk survey pengambilan data kegiatan Assesmen Karakter.

Sebelum bersama-sama Kepala MAN ICG menuju ruang cyber, Edi Zunaedi, MA di ruang Kepala MAN ICG memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud kedatangannya bersama Ibu Felna ke MAN ICG. Dia mengatakan bahwa MAN IC Gorontalo adalah salah satu madrasah yang cukup dikenal luas. Dia kemudian menjelaskan maksud kedatangannya untuk melakukan survey pengambilan data kegiatan Assesment Karakter.

Edi Zunaedi, MA menambahkan bahwa siswa yang akan menjadi sample nanti akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar aspek keimanan, integritas, moderasi beragama, dan aspek lain yang bersifat keagamaan. Setelah kegiatan seperti biasanya Kepala MAN ICG didampingi Trisnawati (guru MAN ICG), Abdul Hakim (KTU MAN ICG) menyerahkan buku puisi karya guru dan pesdik kepada Edi Zunaedi dan Felna Mustapa di ruang PTSP MAN Insan Cendekia Gorontalo. (JA/Jasmaniar/Agunka)

Editor  : Jasmaniar

The post BADAN LITBANG dan DIKLAT Kemenag RI Lakukan Survey Pengambilan Data Kegiatan Assessmen Karakter dan Integritas di MAN ICG 2023 appeared first on MAN INSAN CENDEKIA GORONTALO.

Related Articles

Back to top button