Tahniah! 18 Kontingen MAN IC Padang Pariaman Melaju ke Babak Semifinal KoSSMI 2023

Padang Pariaman (28/2) — Segenap siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Padang Pariaman mengikuti Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI). KoSSMI merupakan kerja sama Abak Academy dengan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) yang menyelenggarakan Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI). Tujuan kompetisi ini yakni untuk menyediakan ruang untuk para siswa muslim, baik yang bersekolah di Madrasah, Pesantren, Sekolah umum dan Homeschooling dalam rangka mengembangkan bakat dan minat dalam bidang sains dan matematika.

Menindaklanjuti kompetensi tahunan berskala nasional tersebut, Para kontingen MAN IC Padang Pariaman telah mengikuti tahap pendaftaran KoSSMI yang telah dimulai pada 1 Desember 2022 hingga 31 Januari 2023 lalu.

Didampingi tim Pembimbing, para pejuang MAN IC Padang Pariaman juga telah mengikuti babak penyisihan KoSSMI 2023 pada tanggal 18-19 Februari 2023.

Kepala MAN IC Padang Pariaman, Hendrisakti Hoktovianus mengimbau kepada seluruh guru pembimbing OSN untuk mempersiapkan para kontingen di babak semifinal.

“Ayo persiapkan anak-anak kita untuk menghadapi setiap olimpiade atau kompetisi. Keberhasilan anak-anak kita adalah kebanggaan kita bersama,” ujarnya.

Hendri turut berpesan kepada bapak dan ibu guru mata pelajaran bahwa KOSSMI adalah salah satu sarana dan alat ukur keberhasilan evaluasi dalam pembelajaran masing-masing mata pelajaran.

“Salah satu alat evaluasi keberhasilan Bapak dan Ibu pembimbing adalah kompetisi. Untuk itu, peningkatan kualitas proses dan hasil belajar perlu dimaksimalkan,” pungkasnya.

Berdasarkan rekapitulasi data kontingen siswa MAN IC Padang Pariaman pada 27 Februari 2023 kemarin, terdapat sebanyak 18 peserta yang berhasil lolos di babak semifinal dari seluruh bidang kompetisi.

Dalam bidang Matematika 3 orang peserta yaitu Muhammad Daffa Aulya, Nailah, dan Robbani Habib Migofa. Seterusnya, 3 orang peserta juga berhasil lolos di bidang Fisika yakni Daffa Alwafi Khairini, Nadya Faulina, dan Siska Nanda Septia.

Selanjutnya, di bidang Kimia berhasil lolos 3 orang peserta yakni Aulia Cindy Pratiwi, Badril Azis, dan Muhammad Athaya Mumtaza. Selain itu, pada bidang ekonomi juga berhasil masuk 3 orang peserta yaitu Muhammad Ilham, Jimmy Akrim, dan Muhammad Faiz Ihsan Zain. Kemudian, dalam bidang geografi berhasil lolos 4 orang peserta yakni Aklil Ilfani, Lavia Rahma Illahi, Muhammad Rausyan Fikri, dan Muhammad Fakhri Ikhsan.
Sementara itu, dalam bidang biologi, 2 peserta berhasil masuk semifinal yakni Atikah Putri Ramadhani dan Muhammad Pangestu Abdilla.

Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Nur Azizi turut mengimbau kepada tim pembina olimpiade untuk lebih memaksimalkan kualitas kontingen MAN IC Padang Pariaman.

“Mari Bapak dan Ibu, kita perkuat dengan maksimal TIM KOSSMI Tahun 2023!” ungkap guru Matematika tersebut.

Berkenan dengan itu, kegiatan para kontingen terus berlatih dalam mempersiapkan babak Semifinal KoSSMI 2023 yang dijadwalkan pada tanggal 19 Maret 2023. Melalui perolehan hasil tersebut, tim pembimbing bersama siswa telah mengevaluasi proses pelatihan selama ini, guna menyongsong babak semifinal dan final yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Mei 2023 mendatang.* (ds)

Artikel Tahniah! 18 Kontingen MAN IC Padang Pariaman Melaju ke Babak Semifinal KoSSMI 2023 pertama kali tampil pada MAN Insan Cendekia Padang Pariaman.

Sumber: MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Related Articles

Back to top button